Selasa, 14 Juli 2015

Rumah Anak Kesayanganku

Rumah Anak Kesayanganku merupakan satu wadah untuk menaungi dan memberikan pendidikan kepada anak-anak yatim dan dhuafa yang berada di bawah naungan Yayasan Global Ikhwan.

PENDAHULUAN


Allah menciptakan manusia dengan keadaan yang beragam. Ada yang ditakdirkan mempunyai kelebihan dan ada juga yang ditakdirkan memiliki kekurangan. Dua keadaan ini sebenarnya dapat membawa manusia kepada Allah Ta’ala.

Yang punya kelebihan bisa memberi kepada yang memerlukan sebagai tanda syukur atas nikmat Allah. Di sisi lain, yang kekurangan ridho dengan keadaannya dan bersyukur karena masih ada orang yang mau memberi perhatian terhadap kesusahan mereka.

Terjalinlah kasih sayang karena walau sedikit yang diberikan tapi bernilai besar pada mereka yang memerlukan. Hal inilah yang akan membuat perhatian Allah tertuju kepada kita. Sehingga menjadi aset yang berharga untuk kita mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Indahnya dunia ini apabila kasih sayang dapat diwujudkan sesama manusia. Maka dunia yang kita huni ini akan menjadi surga sebelum surga. 

Manusia berlomba-lomba membuat kebaikan, karena masing-masing sama-sama menginginkan pembelaan dari Allah. Dan Maha Baiknya Tuhan, maka Dia akan memberi balasan yang berkali-kali lipat kepada amal kebaikan yang dibuat, walaupun kebaikan itu tidak seberapa besarnya di hadapan manusia, tapi besar di sisi Tuhan. 



VISI

  1. ·         Menyelamatkan iman  anak didik dan menyempurnakan kasih sayang
  2. ·         Mendidik anak anak menjadi abid di malam hari dan menjadi pejuang (membangun peradaban yang berkemajuan) di siang harinya, sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
  3. ·         Menjadikan anak–anak sebagai aset bangsa dan negara yang berilmu dan bertawa kepada Allah swt


MISI

  1. ·         Membela anak-anak yatim, fakir miskin, fisabilillah dan remaja insyaf (remaja yang sungguh-sungguh ingin mengamalkan cara hidup Islam) dan asnaf zakat yang lain dan mendidiknya serta memberi kasih sayang, sehingga mereka mendapatkan pendidikan yang layak.
  2. ·         Mendidik insaniah agar menjadi pribadi yang agung, bermanfaat pada agama, Negara dan bangsa, keluarga dan diri sendiri di dunia dan di akhirat dengan cara menanamkan kecintaan kepada Allah dan Rasul.
  3. ·         Melatih kemandirian dan sahsiah islamiah (kepribadian hidup umat Islam)
  4. ·         Mengajak semua lapisan masyarakat berpartisipasi dan peduli dengan pembentukan generasi melalui kemampuan masing-masing.
  5. ·         Mengajak semua lapisan masyarakat  dan istansi pemerintah untuk berpartisipasi baik berupa tenaga, pikiran dan harta untuk memperjuangkan sistem pendidikan Rasulullah.

   TUJUAN


a)      Menyediakan keperluan asas berbentuk material seperti keperluan makan - minum, pakaian, dan tempat tinggal.

b)      Memberikan tumpuan kepada aspek pembersihan rohani anak - anak tersebut. Oleh karena itu susunan jadwal harian pelajar sangat menitikberatkan pada pendidikan rohani, yaitu mengenal Allah SWT sehingga mereka cinta dan takut kepada Tuhan.
c)      Memberi nikmat kasih sayang sebagai perhatian dari Ibu dan Ayah melalui penjaga yang bertugas 24 jam di asrama.
d)      Memberi peluang kepada berbagai golongan untuk turut mengambil bagian dalam memberikan bantuan dan sumbangan dalam bentuk apapun kepada golongan yang kurang mampu tersebut. Inilah salah satu amal jariyah kita.
e)      Menjalin kasih sayang diantara anak-anak ini dengan masyarakat luar umumnya yang sama-sama ingin membuat kebaikan atas dasar mencintai Allah dan Rasul.
f)       Dengan sebab mencintai Allah sajalah manusia bisa merasa bahagia dalam mengorbankan waktu, tenaga, harta dan uang untuk membahagiakan orang lain.

g)      Mengajak manusia untuk berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dan mencegah dari perbuatan yang kurang baik.





PELAKSANAAN


Ilmu dan pendidikan merupakan urat nadi bagi kehidupan. Dengan ilmu dan pendidikan sebagai bekal, manusia diharapkan mampu menjalani kehidupan serta mewujudkan generasi-generasi penerus  yang berguna bagi negara, bangsa dan agama dimasa yang akan datang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka didirikan Rumah untuk menjadi tempat pembelaan dan pembinaan lahir bathin anak-anak asuh yang kami. Dan sampai pada hari ini, Rumah Anak Kesayanganku (RAK) dibawah naungan Yayasan Global Ikhwan Indonesia, telah membuka cabang yang terletak di 4 (empat) tempat, yaitu:

1.      RAK ‘Rumah Yayasan Global Ikhwan’ - Jl. Terusan Hang Leukir 2 Kavling W 37 Kelurahan Grogol Selatan Kecamatan Kebayoran Lama, Kotamadya Jakarta Selatan, DKI Jakarta
2.      RAK ‘Kasih Murni’ – Jl. MH. Thamrin Plaza Niaga II Blok E-9 Sentul City, Bogor
3.      RAK ‘Rumah Agama Islam’ – No. 28, Cluster Heliconia Blok C-3, Perumahan Taman Cilegon Indah, Kota Cilegon, Banten

4.      RAK ‘Cahaya Keajaiban’ –Jl. Beringin Bendo, Kg. Beringin Wetan, Trosobo, Taman Sidoarjo, Surabaya.  

       Pada saat ini ada 161 anak-anak dari mulai usia Batita sampai dengan remaja yang tinggal dibawah naungan RAK. Mereka dijaga oleh pengasuh-pengasuh, guru-guru dan staff lainnya yang berjumlah sebanyak 24 orang, yang bertugas selama 24 jam di asrama untuk memberikan perhatian serta kasih sayang layaknya seperti seorang ibu dan ayah kepada anak-anak kandung mereka. Serta mengajarkan keterampilan-keterampilan yang dapat bermanfaat untuk kehidupan mereka kelak.

Rumah dalam Islam diibaratkan sebagai MASJID. Disitulah tempat untuk membina iman, tempat untuk beribadah, tempat untuk membina dan mewujudkan kasih sayang.
Rumah Anak Kesayanganku adalah sebagai lambang tempat perlindungan dan tempat anak-anak mendapatkan kasih sayang. Terlebih lagi di dalamnya kami asuh juga anak-anak yatim dan fakir miskin serta anak-anak yang layak menerima zakat dan bantuan. Mereka adalah anak-anak kesayangan Allah dan Rasul. Maka barang siapa yang mengasihi dan membela mereka, akan mendapat ganjaran besar di sisi Allah dan Rasul. Mereka harus dianggap sebagai anak angkat yang diberikan kasih sayang dan pembelaan.
 
Melalui institusi pendidikan yang kami kelola, kami ingin mengajak masyarakat untuk sama-sama  berpartisipasi melalui yayasan kami.

 

 




Bagi para dermawan yang ingin mengambil saham dalam berbagai bentuk kegiatan Yayasan Global Ikhwan, donasi dan bantuan baik berupa Wakaf, Zakat, Infaq, dan Shodaqoh/Sedekah dapat disalurkan melalui rekening Yayasan.

BCA a/n Yayasan Global Ikhwan
 
no rekening: 5035500313
 
 
 

SUMBANGAN-SUMBANGAN DAPAT BERUPA:

1.      Bahan makanan, sembako serta keperluan Kebersihan/Kesehatan seperti : Beras, Gula Pasir, Minyak Goreng, Gas, Susu, Lauk Pauk dan Telur, Bumbu Masak, Sabun Cuci Baju, Sabun Mandi, Pasta Gigi, Shampoo, Bedak dll.
2.      Penyelenggaraan Syukuran, seperti: Khaul atau Nazar, Aqiqah, Tahlil, Marhaban, Khitanan, Kenduri naik haji dll.
3.      Peralatan harian atau rumah tangga (baru atau bekas), seperti: Pakaian dan perlengkapan sekolah, Pakaian harian, sepatu, tas, dll, Mesin cuci, alat setrika baju, Kasur, bantal, selimut, seprai, tempat tidur, AC, kipas angin, Alat bermain, dll.
4.      Menjadi orang tua asuh,untuk seorang anak  Rp 500.000,-/bulan
5.      Zakat Mal, Infaq, Shodaqah, hibah dan hadiah, waqaf.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar